Review Simple Thinking About Blood Type

simple thingking about blood type


Judul : Simple Thinking About Blood Type (1)

Penulis : Park Dong-Sun.

Penerjemah : Achie Linda.

Penyunting : Nyi Blo.

Proofreadear : Yuli Yono.

Layout Cover : @teguhra

Layout isi : Vanessa Fabiola & @teguhra

Penerbit Haru

Cetakan kesembilan belas, Agustus 2017

264 hlm ; 20cm

ISBN 978-602-7742-25-3


Sinopsis Buku


Tahu gak sih kalau orang bergolongan darah A itu orang-orang yang halus, tapi kaku dan taat pada peraturan? Atau tahukan kamu kalau golongan darah B itu orang-orang yang kreatif dan bebas?

Apa jadinya kalau mereka disatukan? Jangan-jangan, bisa terjadi pertengangkaran!

Ternyata, selain perbedaan jenis kelamin, tempat tinggal, dan kondisi ekonomi, golongan darah juga bisa menentukan perbedaan sifat kita, lho.

Meski sifat seseorang tidak bisa hanya dilihat dari golongan darahnya, semoga komik Simple Tinking about Blood Type ini bisa menghibur, sekaligus sedikit membantu kamu untuk memahami orang lain, ya!

Review

Awalnya seneng banget baca webtoon ini, populer banget dan lucu dalam segi ilustrasi maupun jalan cerita. Niat bacanya memang cari hiburan, cerita yang diangkat tuh ringan, seperti kehidupan sehari-hari.

Buku ini terdiri dari 4 Baba (bagian);

Bagian 1 : Mengetahui sifat seseorang melalui golongan darah.

Bagian 2 : Hubungan sosial antargolongan darah.

Bagian 3 : Cerita seru golongan darah.

Bagian 4 : Diary bergambar si cowok gila.


“Buku ini tidak sepenuhnya benar, tetapi selama lima tahun menulis buku ini, buku ini membantuku dalam bergaul dengan orang lain dan memahami sifat seseorang”.

Lanjut…


“Aku tidak berpikir bahwa di dunia ini hanya ada golongan darah A, B, O dan AB saja. Namun, melalui Simple Thinking About Blood Type ini, aku ingin mengatakan bahwa kita semua berbeda satu sama lain”.

Disebutkan dalam prakata, penulis sudah memberitahukan pada pembaca jika buku ini bisa dibilang merupakan hasil pengamatan berdasarkan pengalaman si penulis.

Tidak megeneralisasikan suatu golongan darah, karena kepribadian seseorang banyak faktor yang memengaruhinya. Jadi, saat baca buku ini, dibawa santai aja, sebagai hiburan.

Ceritanya sangat ringan, sekali duduk bisa deh langsung habis baca semua babnya. Alurnya lebih banyak membandingkan antargolongan darah. Si A yang perfeksionis akan selalu siap sedia dalam segala situasi, berbeda dengan golongan darah AB yang punya sifat “ajaib”.

Sepertinya si penulis (ilustrator juga) memiliki kesan mendalam dengan golongan darah AB karena penggambaran karakter AB merupakan golongan darah (goldar) yang tidak mudah ditebak, out of the box ketimbang goldar lainnya.

Bab pertama pengenalan secara umum setiap goldar, dari sini sudah bisa memahami proses dari si penulis untuk membuat buku ini, harus rajin banget menganalisa dan peka dengan setiap kejadian yang dialami.

Setelah pengenalan setiap goldar, nah ini masuk ke cerita tentang kejadian yang pada umumnya dihadapi setiap harinya, mulai dari bertahan hidup, menggapai cita-cita, hingga percintaan, di sini digambar dengan humor yang nggak garing.

Beberapa kali merasakan “Kok, aku banget nih si O”.

Eh ternyata pernah juga mbatin, si B kok kayak aku banget nih.

Seneng aja gitu bacanya dan nggak pernah merasa bosan baca lagi untuk kesekian kalinya.


buku komik korea



Humornya ini tercipta karena setiap golongan darah memiliki karakter yang berbeda dan kalau semua goldar ngumpul, sifat yang kontras satu sama lain menciptakan humor situasi yang nggak “maksa”.

Meskipun hanya 4 bab, tapi ceritanya banyak dan berbeda-beda, karena setiap judul cerita hanya terdiri beberapa panel komik, kadang ada 1 - 2 panel saja.

Penggambaran sosok golongan darah juga simple dan ekdpresif, aku suka saat menggambarkan si O yang penuh semangat, tapi gampang pesimis juga.

Kalau nggak salah, buku ini ada 4 buku dengan tema yang berbeda. Buku yang saya ulas ini merupakan buku yang pertama, sedangkan masih ada buku kedua, ketiga dan beberapa tema lainnya. Pengin ngumpulin semuanya, semoga terwujud.

Oiya, komiknya ini berwarna ya, harga lumayan juga sih meskipun terbitnya tahun 2017, di tahun 2020 harganya hanya turun dikit. Biasanya banyak promo di oficial store penerbit Haru, entah itu diskon maupun bundle. Begitu juga di toko buku online, yang sering bundling buku ini dengan buku yang lainnya.

Secara garis besar, nggak jauh beda antara buku dengan weebtoon, ceritanya 11 12 lah, hanya saja di buku ada tambahan cerita dan tentunya isinya lebih banyak, lumayan tebal juga buku ini.

Efek Barnum

Seperti yang saya jelaskan di atas, mungkin tidak sedikit dari kita saat membaca ramalan zodiak, golongan darah, dll merasa cocok banget dengan apa yang ada di ramalan (semacamnya).

Fenomena tersebut disebut dengan Efek Barnum, merupakan keadaan psikologis ketika seseorang merasa cocok dengan deskripsi tentang diri mereka. hal ini sangat umum dirasakan, seolah-oleh deskripis tersebut memang dibuat khusus untuk mereka.(hellosehat).

Padahal deskripsi (seperti ramalan zodiak, pembacaan tarot, dll) juga berlaku pada orang lain (deskripsi berlaku umum).

Bisa saja deskripsi yang mereka baca juga hal-hal yang umum. Misalnya, bulan ini keuangan si Scorpio sedang buruk, jangan boros. Kalau diperhatikan dengan seksama, siapa saja yang boros, maka keadaan keuangan akan menjadi sulit (kantong kering).

Bukan untuk memojokan suatu ramalan, percaya atau tidaknya kembali ke pribadi masing-masing. Tapi, Efek Barnum ini benar adanya, dan banyak dirasakan setiap orang.

Begitu pula saat aku membaca buku ini, juga mengalami Efek Barnum, seharusnya sih kepribadian seseorang sangat kompleks, faktor pencetusnya juga banyak. Santai aja buku ini.

Kalau menurutmu, Simple Thinking About Blood Type, mirip dengan kepribadianmu?

0 Comments

Post a Comment

Terimakasih sudah mengunjungi blog ini, komentar dimoderasi terlebih dahulu